4 Cara Kreatif Menarik Pelanggan untuk Melakukan Pembelian

Membuat calon pelanggan melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan bukanlah sebuah perkara mudah. Konsumen sekarang sangat selektif dalam membelanjakan uang mereka. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, mereka akan melakukan perbandingan terlebih dulu. Walau begitu, bukan berarti tidak ada celah untuk menarik calon pelanggan agar membeli produk dari perusahaan Anda.

Ada beberapa cara kreatif yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan. Anda bisa menyimak beberapa contohnya dalam ulasan berikut ini.

Menentukan target pasar

Sebelum meluncurkan sebuah produk, sebaiknya Anda menentukan target pasar terlebih dahulu. Tentukan target pasar Anda dengan detail. Tujuannya tidak lain adalah agar strategi pemasaran Anda bisa lebih efisien. Tanpa adanya target pasar, calon pelanggan juga akan kesulitan untuk mengidentifikasi produk Anda.

Target pasar yang baik akan memuat profil calon pelanggan berikut dengan daya beli mereka. Misalnya Anda menjual produk skincare drug store, maka target pasar Anda bisa mencakup pria atau wanita, berusia 17-25 tahun, sedang berkuliah ataupun first jobber. Dengan detail seperti ini, Anda bisa memperhitungkan strategi pemasaran seperti apa yang efektif dan efisien untuk diimplementasikan.

Menyediakan sampel produk

Terkadang, calon pelanggan ragu dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan karena tidak memiliki gambaran apa pun. Terlebih jika produk Anda adalah suatu inovasi terbaru yang belum ada perbandingannya, tentu akan sulit dibayangkan oleh calon pelanggan. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Anda bisa menyediakan sampel produk bagi calon pelanggan. Sediakan produk dalam ukuran kecil untuk dijadikan sampel. Bagi Anda yang menawarkan jasa, bisa menyediakan program trial terbatas. Dengan begitu, calon pelanggan dapat merasakan langsung produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi atau penjelasan produk Anda dalam setiap media pemasaran.

Memanfaatkan media sosial

Saat ini, orang sulit untuk dipisahkan dari media sosial. Begitu pula dengan calon pelanggan Anda. Mereka akan melakukan riset kecil-kecilan melalui media sosial sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa tertentu. Biasanya mereka akan mencari rekomendasi atau melihat testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk tersebut.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Buatlah akun media sosial untuk produk Anda. Cantumkan deskripsi produk dengan jelas dalam akun tersebut. Anda juga bisa meminta pelanggan yang sudah menggunakan produk untuk memberikan testimoni atau ulasan produk. Dengan begitu, calon pelanggan dapat mengenali dan mengetahui produk Anda.

Selain berfungsi sebagai media pemasaran produk, media sosial juga bisa menjadi platform bagi Anda untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Coba jawab pertanyaan calon pelanggan atau tanggapi masukan dari pelanggan Anda. Langkah ini akan membuat brand Anda terlihat profesional dan meyakinkan di mata calon pelanggan.

Mengadakan program promosi

Program promosi akan selalu menarik perhatian calon pelanggan. Entah itu diskon, buy one get one, atau program hadiah untuk setiap pembelian produk atau jasa. Hadiah dapat Anda berikan untuk setiap transaksi ataupun dibatasi untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Salah satu pilihan hadiah promosi yang dapat Anda gunakan adalah voucher Sodexo Gift Pass. Dengan banyaknya jumlah pilihan Merchant Sodexo, Anda tidak perlu lagi memikirkan apa yang disukai oleh calon pelanggan Anda. Penerima voucher tinggal memilih sendiri hadiah yang diinginkan di jaringan Merchant Sodexo.


Itulah beberapa cara menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebelum menerapkannya, Anda harus benar-benar memahami produk yang ditawarkan agar tips di atas bisa maksimal. Selamat mencoba!

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×