6 Cara Kreatif Menarik Pelanggan untuk Melakukan Pembelian

Membuat calon pelanggan melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan bukanlah sebuah perkara mudah. Konsumen sekarang sangat selektif dalam membelanjakan uang mereka. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, mereka akan melakukan perbandingan terlebih dulu. Walau begitu, bukan berarti tidak ada celah untuk menarik calon pelanggan agar membeli produk dari perusahaan Anda.

6 Cara Menarik Pelanggan untuk Membeli Produk Anda

Ada beberapa cara kreatif yang dapat dilakukan untuk menarik pelanggan. Anda bisa menyimak beberapa contohnya dalam ulasan berikut ini.

1. Menentukan target pasar

Sebelum meluncurkan sebuah produk, sebaiknya Anda menentukan target pasar terlebih dahulu. Tentukan target pasar Anda dengan detail. Tujuannya tidak lain adalah agar strategi pemasaran Anda bisa lebih efisien. Tanpa adanya target pasar, calon pelanggan juga akan kesulitan untuk mengidentifikasi produk Anda.

Target pasar yang baik akan memuat profil calon pelanggan berikut dengan daya beli mereka. Misalnya Anda menjual produk skincare drug store, maka target pasar Anda bisa mencakup pria atau wanita, berusia 17-25 tahun, sedang berkuliah ataupun first jobber. Dengan detail seperti ini, Anda bisa memperhitungkan strategi pemasaran seperti apa yang efektif dan efisien untuk diimplementasikan.

 

2. Menyediakan sampel produk

Terkadang, calon pelanggan ragu dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan karena tidak memiliki gambaran apa pun. Terlebih jika produk Anda adalah suatu inovasi terbaru yang belum ada perbandingannya, tentu akan sulit dibayangkan oleh calon pelanggan. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Anda bisa menyediakan sampel produk bagi calon pelanggan. Sediakan produk dalam ukuran kecil untuk dijadikan sampel. Bagi Anda yang menawarkan jasa, bisa menyediakan program trial terbatas. Dengan begitu, calon pelanggan dapat merasakan langsung produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi atau penjelasan produk Anda dalam setiap media pemasaran.

3. Memanfaatkan media sosial

Saat ini, orang sulit untuk dipisahkan dari media sosial. Begitu pula dengan calon pelanggan Anda. Mereka akan melakukan riset kecil-kecilan melalui media sosial sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa tertentu. Biasanya mereka akan mencari rekomendasi atau melihat testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk tersebut.

Anda bisa memanfaatkan hal tersebut. Buatlah akun media sosial untuk produk Anda. Cantumkan deskripsi produk dengan jelas dalam akun tersebut. Anda juga bisa meminta pelanggan yang sudah menggunakan produk untuk memberikan testimoni atau ulasan produk. Dengan begitu, calon pelanggan dapat mengenali dan mengetahui produk Anda.

Selain berfungsi sebagai media pemasaran produk, media sosial juga bisa menjadi platform bagi Anda untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan. Coba jawab pertanyaan calon pelanggan atau tanggapi masukan dari pelanggan Anda. Langkah ini akan membuat brand Anda terlihat profesional dan meyakinkan di mata calon pelanggan.

4. Menggandeng Brand Ambassador dan Influencer

Dalam memanfaatkan sosial media, Anda juga perlu peran pihak ketiga untuk melancarkan strategi pemasaran produk atau layanan yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan menggandeng seorang KOL atau Key Opinion Leader. Seorang KOL bisa saja seorang influencer dengan banyak pengikut di sosial media. Nantinya Anda bisa menggandeng seorang KOL untuk mempromosikan bisnis yang Anda miliki dengan cara melakukan paid promote atau memilihnya untuk menjadi seorang Brand Ambassador. Strategi ini dianggap sangat efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

5. Minta Pelanggan yang Sudah Beli untuk Memberikan Ulasan

Sebuah ulasan atau review dari pelanggan sebelumnya adalah salah satu hal paling penting yang akan mempengaruhi calon pelanggan yang akan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Saat ini untuk memberikan sebuah ulasan pun cukup mudah, pelanggan bisa memberikan ulasan secara online.

Memanfaatkan ulasan juga bisa menjadi strategi pemasaran dan cara menarik pelanggan yang efektif tanpa harus mengeluarkan anggaran secara berlebihan. Dengan menawarkan produk atau jasa yang berkualitas dapat menarik pelanggan untuk memberikan ulasan dan exposure gratis bagi usaha yang Anda jalankan. Ulasan tersebut nantinya dapat menjadi acuan yang digunakan calon pelanggan untuk membuat sebuah keputusan pembelian.

6. Lakukan Survei untuk Menarik Pelanggan

Selain meminta pelanggan untuk memberikan ulasan, membuat sebuah survei terhadap bisnis yang Anda jalankan juga menjadi strategi yang bagus. Survei menjadi salah satu metode yang paling efektif untuk mengetahui pendapat orang lain mengenai bisnis yang Anda jalankan.

7. Mengadakan program promosi

Program promosi akan selalu menarik perhatian calon pelanggan. Entah itu diskon, buy one get one, atau program hadiah untuk setiap pembelian produk atau jasa. Hadiah dapat Anda berikan untuk setiap transaksi ataupun dibatasi untuk pembelian dengan jumlah tertentu.

Salah satu pilihan hadiah promosi yang dapat Anda gunakan adalah voucher Sodexo Gift Pass. Dengan banyaknya jumlah pilihan Merchant Sodexo, Anda tidak perlu lagi memikirkan apa yang disukai oleh calon pelanggan Anda. Penerima voucher tinggal memilih sendiri hadiah yang diinginkan di jaringan Merchant Sodexo.

Itulah beberapa cara menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebelum menerapkannya, Anda harus benar-benar memahami produk yang ditawarkan agar tips di atas bisa maksimal. Selamat mencoba!

 

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email

Sodexo Benefits & Rewards berubah menjadi Pluxee