©pexels
Apa itu bundling package? Istilah ini merupakan salah satu strategi yang banyak digunakan para pebisnis untuk mengatasi masalah produk yang tidak laku terjual. Tidak bisa dimungkiri bahwa dalam berjualan pasti akan ada satu atau dua produk yang kurang diminati pelanggan. Tentu Anda harus memutar otak mencari strategi supaya produk-produk tersebut bisa terjual.
Oleh karena itulah strategi bundling package sering dipilih pebisnis sebagai cara paling efektif untuk mengatasinya. Namun sebenarnya ada banyak keuntungan lain yang dibawa oleh strategi bundling package. Penasaran? Langsung simak informasinya di bawah ini.
Apa Itu Bundling Package?
Ada baiknya Anda memahami strategi ini terlebih dahulu sebelum mengetahui semua keuntungan yang akan didapatkan. Pemahaman yang menyeluruh tentang strategi bundling package akan memudahkan Anda saat ingin mengaplikasikannya di dalam bisnis. Bundling package atau paket bundling adalah strategi penjualan beberapa produk yang digabungkan menjadi satu.
Produk yang digabungkan umumnya memiliki keterkaitan satu sama lain. Tetapi tidak menutup kemungkinan apabila suatu perusahaan menyatukan beberapa produk yang berbeda. Strategi seperti ini ditemukan efektif untuk membuat pelanggan melakukan pembelian. Tentunya harga paket bundling memainkan peranan yang sangat penting.
Jika berbagai produk yang dijadikan satu memiliki harga lebih murah daripada saat dijual terpisah maka pelanggan pasti tertarik membelinya. Oleh karena itu setiap perusahaan akan memikirkan dengan matang mana saja produk yang akan dijual secara bundling dan satuan.
Baca Juga: 6 Tujuan Promosi Bagi Pebisnis
Jenis-jenis Bundling Package
Strategi bundling memiliki beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan perusahaan. Perusahaan tentu tidak sembarangan saja menyatukan produk-produk yang ada. Biasanya pengambilan keputusan produk yang disatukan akan diambil berdasarkan data-data penjualan dan preferensi pelanggan. Penjelasan yang lebih menyeluruh bisa Anda baca berikut ini.
1. Mix and Match Bundling
Jenis bundling ini menjual produk yang bisa dipilih oleh pelanggan. Jadi mereka tetap memiliki hak untuk memilih produk mana yang ingin dibeli bersamaan. Contohnya pelanggan dapat memilih berbagai baju tipe X setiap pembelian celana jeans panjang A. Anda dapat menemukan penggunaan jenis bundling ini pada produk yang cepat rusak seperti makanan, minuman, dan perlengkapan mandi.
2. Pure Bundling
Pure bundling mengindikasikan bahwa produk-produk yang sudah disatukan tidak dapat dibeli secara terpisah. Perusahaan tidak lagi menyediakan produk untuk dijual satuan. Jika pelanggan ingin mendapatkan produk tersebut maka mereka harus membeli paket bundling.
Jenis bundling seperti ini terlihat merugikan dari sisi pelanggan karena perusahaan sudah menetapkan produk-produk tersebut tanpa bisa diubah-ubah. Itu sebabnya pure bundling sering juga disebut sebagai strategi monopoli.
Baca Juga: 4 Contoh Loyalitas Pelanggan
3. Cross-sell Bundling
Cross-sell bundling menjual satu paket produk yang isinya saling melengkapi. Strategi seperti ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Produk-produk pelengkap yang dijual bersama dapat membuat pelanggan lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Apalagi jika diberikan diskon tambahan. Sudah pasti paket bundling ini habis terjual. Anda bisa melihat penggunaan strategi ini pada produk elektronik seperti paket spesial smartphone C yang berisi casing dan earphone.
4. Gift Set Bundling
Gift set bundling berisi produk-produk yang sudah dirancang khusus sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang lain. Semakin banyak produk yang dimasukkan dalam satu paket bundling, semakin banyak juga pelanggan yang tertarik melakukan pembelian. Alasannya sederhana saja karena hadiah yang diberikan kepada teman atau kerabat akan lebih baik jika jumlahnya banyak.
Andaikan Anda ingin membeli hadiah untuk kekasih. Dalam toko tersebut hanya ada dua paket bundling yang bisa Anda pilih. Paket bundling A memiliki 3 produk sedangkan paket bundling B memiliki 5 produk. Mana yang akan Anda pilih? Tentu yang isi produknya lebih banyak, bukan?
Keuntungan Penerapan Strategi Bundling Package
Adapun keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan bundling package adalah sebagai berikut.
1. Meningkatkan Jumlah Rata-rata Pemesanan
Strategi bundling package dapat membuat pelanggan merasa lebih senang dan puas. Apakah ada orang yang tidak suka mendapatkan banyak produk dengan harga murah? Tentu setiap orang suka mendapatkan keuntungan dari pembelian yang mereka lakukan. Kepuasan pelanggan terhadap bundling package tersebut akan membuat mereka melakukan pembelian ulang.
Coba bayangkan ada berapa banyak keuntungan yang didapat jika semua pelanggan melakukan pembelian berulang. Pasti sangat banyak, bukan? Hal inilah yang membuat jumlah rata-rata pemesanan produk bertambah. Tidak hanya satu tetapi hampir semua produk mengalami peningkatan jumlah pesanan.
Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Promosi yang Ampuh Untuk Bisnis Anda
2. Menghemat Biaya Pemasaran
Strategi bundling tidak memakan biaya yang besar sehingga Anda bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain. Contohnya saat menggunakan strategi iklan. Iklan untuk produk bundling hanya memerlukan satu kali penayangan. Sebaliknya produk yang dijual terpisah membutuhkan banyak penayangan iklan.
3. Menghabiskan Stok Produk dengan Lebih Cepat
Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa dalam bisnis ada saja produk yang kurang diminati oleh pelanggan. Penggunaan strategi bundling dengan memasukkan produk yang kurang diminati akan mengurangi stok lebih cepat. Contohnya bundling “beli produk A dan dapatkan produk B”.
Bagaimana? Sudah mendapatkan pemahaman mengenai apa itu bundling package? Strategi ini memang menjadi alternatif paling tepat ketika ada produk-produk yang tidak laku terjual. Tertarik melakukannya? Pastikan bundling package Anda menarik dan menguntungkan di mata pelanggan. Anda juga bisa memasukkan Sodexo Gift Pass ke dalam paket bundling untuk memberikan lebih banyak manfaat bagi pelanggan.
Sodexo Gift Pass dapat digunakan di lebih dari 560 merchant dan 23.300 outlet yang berbeda. Pelanggan bisa memilih hadiah yang mereka inginkan dari 10 kategori yang tersedia. Mulai dari makanan, fesyen, tour & travel, hingga supermarket. Berminat menggunakan Sodexo Gift Pass? Langsung saja kunjungi Sodexo untuk melakukan pembelian voucher.