Berbagai Tips Semangat Kerja yang Sederhana dan Bisa Dilakukan

Apa saja tips semangat kerja yang benar-benar ampuh? Pertanyaan klise itu pernah muncul di benak kita setidaknya sekali. Belum lagi, hari Senin yang melelahkan membuat kita buru-buru mencari berbagai cara agar bisa tetap semangat dalam bekerja.

Berbagai tips pun sudah kita cari di segala sumber informasi, sayangnya semua itu belum cukup membuat semangat makin membara dalam diri kita. Penyebabnya ada dua, tips yang kita temui itu terlalu berat untuk dilakukan atau kita yang terlalu malas untuk melakukannya. Apapun alasannya, tetap saja kita harus bersemangat saat bekerja sehingga bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tidak bisa dimungkiri, kita juga memiliki tujuan dalam bekerja. Baik untuk aktualisasi diri atau memenuhi kebutuhan hidup, bekerja merupakan kewajiban yang harus dipenuhi agar mendapatkan hak. Dengan bekerja, kita juga bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin kompleks hari demi harinya.

5 Tips Semangat Kerja yang Bisa Dilakukan, Mulai dari Hal Kecil!

Bila Anda membutuhkan tips yang sederhana tapi praktis, jangan khawatir. Sodexo akan memberikan lima tips semangat kerja yang sederhana. Jangan lupa untuk mempraktikkannya agar tips ini bisa berguna dalam meningkatkan semangat kerja Anda.

  1. Buatlah Tujuan Kecil yang Ingin Dicapai

Sesuatu yang besar selalu dimulai dari hal-hal kecil, termasuk bekerja. Kita juga pasti memiliki tujuan besar dalam bekerja, seperti mendapatkan promosi atau prestasi di kantor. Tujuan besar tersebut pasti sangat sulit untuk dicapai dalam waktu singkat, tak jarang semangat kita pun menurun karena lelah mencapai tujuan tersebut.

Agar semangat tetap membara, lebih baik tuliskan saja beberapa tujuan kecil yang ingin dicapai dalam jangka waktu singkat. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan sebelum pukul 5 sore. Niscaya, beberapa tujuan kecil tersebut akan membuat kita tetap bersemangat saat bekerja, dan bisa membantu kita mencapai tujuan yang lebih besar.

  1. Jangan Mempermasalahkan Hal-hal Kecil

Baik saat di kantor ataupun WFH, tak jarang kita menemukan beberapa masalah sepele. Ada juga drama terjadi di kantor dan membuat pikiran teralihkan dari pekerjaan yang seharusnya diselesaikan. Terlalu memusingkan hal-hal kecil pastinya membuat semangat kerja menurun, bukan?

Solusinya sederhana, masalah kecil tersebut jangan terlalu dipermasalahkan. Apabila memang menyangkut pekerjaan yang dilakukan, selesaikan segera dengan baik dan jangan dipikirkan lagi. Niscaya, semangat kerja pasti tetap terjaga hingga pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya.

  1. Buatlah Waktu Istirahat

Bekerja terus-menerus juga bisa menurunkan semangat kerja, jadi kita butuh istirahat untuk memulihkan kembali tenaga kita. Ketika ada waktu istirahat dan makan siang, gunakan sebaik-baiknya sehingga semangat kerja tetap terjaga hingga tuntas.

Bisa juga menerapkan dengan teknik pomodoro, yaitu ambil waktu istirahat 5 menit setelah bekerja selama 25 menit. Dengan teknik pomodoro, Anda kembali bersemangat saat bekerja.

  1. Miliki Waktu Belajar Hal Baru

Kita memiliki waktu 24 jam, 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk tidur. Sisanya, Anda bisa gunakan untuk mempelajari hal-hal baru yang relevan dengan pekerjaan Anda.

Jangan salah, menemukan inspirasi dan pelajaran baru juga bisa menambah semangat kerja. Setelah mempelajari hal-hal baru, baik dari buku ataupun melalui kursus, Anda semakin semangat untuk mempraktekannya di tempat kerja, kan?

  1. Rayakan Keberhasilan saat Bekerja

Terakhir, jangan lupa merayakan keberhasilan saat bekerja, salah satunya dengan melakukan self-reward. Refreshing dan perawatan diri pastinya bisa menumbuhkan kembali semangat kerja Anda.

Merayakan keberhasilan merupakan tips semangat kerja yang kerap kali diabaikan. Alasannya bermacam-macam, tapi memberikan hadiah atau reward yang tepat menjadi salah satunya. Agar tidak bingung, berikan saja Sodexo ePass kepada karyawan yang baru saja berhasil dalam pencapaiannya.

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email