Pentingnya Loyalitas dalam Bisnis: Bagaimana Loyalitas Bisa Meningkatkan Penjualan?

Apa itu loyalitas dan pentingnya dalam bisnis

Apa itu loyalitas? Secara sederhana, loyalitas dapat dipahami sebagai kesetiaan. Dalam konteks bisnis, loyalitas sering dikaitkan dengan konsumen atau pelanggan. Loyalitas pelanggan dianggap sebagai faktor utama yang menentukan tingkat penjualan. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan hal tersebut sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Loyalitas atau kesetiaan akan menggerakkan konsumen atau pelanggan suatu produk untuk melakukan pembelian secara berulang. Untuk dapat mencapai loyalitas tersebut, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya dan bahkan memakan waktu, tenaga, dan tentunya biaya. Untuk lebih memahami tentang loyalitas dalam bisnis. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Loyalitas dari Segi Konsumen

Apa itu loyalitas? Inilah pertanyaan pertama yang harus kita jawab. Pengertian loyalitas adalah perilaku konsumen yang  melakukan pembelian rutin atau berulang, berdasarkan pada unit pengambilan keputusan. Loyalitas adalah bentuk komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko, pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang terjadi dengan konsisten. Bagi sebuah bisnis, pelanggan yang memiliki sikap loyal yang tinggi akan menjadi hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar rasa loyalitas tersebut tidak berkurang.

Mengapa loyalitas penting dalam bisnis?

Ada banyak hal yang dapat Anda peroleh dengan loyalitas konsumen. Hal yang paling mendasar sudah jelas, yakni Anda akan mendapatkan pembelian secara teratur dari pelanggan. Loyalitas konsumen adalah aset penting bagi sebuah perusahaan. Untuk mendapatkannya pun akan sangat sulit.

Loyalitas akan bisa mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen, termasuk melakukan pembelian antar lini produk usaha Anda. Maksudnya, mereka lebih terbuka untuk mencoba dan membeli berbagai macam produk keluaran perusahaan Anda karena telah mempercayai kualitasnya. Akan lebih baik lagi jika perusahaan bisa membangun ikatan emosional dengan para pelanggan.

Dengan kepercayaan seperti ini, maka kecenderungan bagi pelanggan loyal untuk merekomendasikan produk Anda pun semakin besar. Mereka bahkan bisa menjadi layaknya agen pemasaran Anda yang dapat mendatangkan pelanggan baru. Hal ini tentu akan membuat pembelian meningkat dengan efisien karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memasarkan produk terus-menerus. Loyalitas menjadi sebuah kunci penting ketika Anda ingin bisnis yang dijalankan menjadi sukses.

Bagaimana menciptakan loyalitas konsumen?

Lalu, bagaimanakah loyalitas konsumen ini dapat terbentuk? Apa loyalitas pelanggan atau konsumen dapat terbentuk tiba-tiba? Tentu saja tidak. Untuk bisa mendapatkan sebuah loyalitas dari para konsumen, dibutuhkan waktu yang tidak pendek.

Loyalitas tidak bisa dibeli dengan uang, loyalitas akan terbentuk ketika para konsumen melewati tahapan-tahapan siklus pembelian. Tahap pertama adalah memiliki kesadaran terhadap produk. Di sini Anda harus bisa membuat calon konsumen menyadari keberadaan produk. Caranya bisa melalui pemasaran atau marketing dengan iklan atau media lain seperti promosi. Dari kesadaran inilah calon konsumen atau pelanggan kemudian  memiliki keputusan untuk melakukan pembelian pertama mereka.

Pembelian pertama atau awal merupakan tahap krusial untuk membentuk loyalitas pelanggan. Di tahap ini, pelanggan bisa melakukan penilaian terhadap produk Anda, entah itu kesan positif atau negatif. Kedua respon tersebut bisa menjadi semacam “umpan” untuk pembelian selanjutnya. Dengan catatan, Anda harus dapat menanganinya dengan baik.

Ini karena cara Anda menghadapi feedback dari pelanggan akan mempengaruhi pertimbangan mereka untuk kembali membeli produk atau beralih pada brand lain. Anda dapat menanamkan gagasan bahwa beralih pada brand lain hanya akan membuang waktu. Jika mereka memberikan kesan negatif atau komplain terhadap produk, segera lakukan perbaikan. Kepuasan konsumen adalah faktor penting jika sebuah perusahaan ingin memiliki rasa loyalitas dari konsumen atau pelanggan. Selain masih ada banyak faktor lainnya yang bisa mempengaruhi loyalitas, seperti yang berikut ini.

Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas

Agar Anda bisa segera mencapai loyalitas pelanggan, coba perhatikan lima faktor berikut:

Satisfaction 

Bisa juga diartikan sebagai kepuasan. Apa yang dimaksud dengan kepuasan disini diukur dari jarak antara ekspektasi dengan realita yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk. Kepuasan akan menjadi faktor penentu apakah mereka akan memiliki keputusan untuk kembali membeli atau menggunakan sebuah produk. Kualitas produk serta kualitas layanan adalah cara terbaik dan efektif membangun rasa kepuasaan dari para pelanggan terhadap suatu bisnis.

Emotional bonding 

Ikatan emosi menjadi salah satu faktor dalam membangun loyalitas pelanggan atau konsumen. Pelanggan dapat merasakan bahwa sebuah brand benar-benar mencerminkan kepribadian mereka. Dengan demikian, tercipta sebuah ikatan emosional antara brand dengan pelanggan atau bahkan dengan sesama pelanggan. Rasa kesetiaan atau loyalitas bisa hadir bila sebuah bisnis dapat memanfaatkan rasa emosional ini dengan baik.

Trust 

Faktor rasa percaya pelanggan terhadap sebuah produk atau brand atau sebuah bisnis untuk menjalankan fungsi tertentu menjadi hal yang penting. Membangun kepercayaan akan semakin memperkuat rasa loyal dari para konsumen atau pelanggan terhadap perusahaan. Proses membangun kepercayaan tidaklah mudah, dan menjadi pekerjaan penting bagi sebuah perusahaan.

Choice reduction and habit 

Atau kemudahan dan kebiasaan. Pelanggan akan merasa nyaman dengan sebuah produk jika mereka mendapatkan kemudahan dalam memperolehnya. Pelanggan pun akan terbiasa dengan rutinitas tersebut. Lama-kelamaan, rutinitas tersebut terakumulasi dan menjadi loyalitas.

History with the company

Pengalaman dengan perusahaan. Pengalaman yang dirasakan oleh seorang pelanggan dengan perusahaan juga dapat membentuk loyalitas. Pekerjaan rumah yang penting bagi sebuah perusahaan jika ingin mendapatkan loyalitas dari para pelanggan atau konsumen.

Ingat, loyalitas pelanggan atau konsumen atau pelanggan tidak bisa dibeli dengan uang ataupun didapatkan dengan cepat. Anda dapat memulai membentuk loyalitas pelanggan mulai dari sekarang. Manfaatkanlah kemudahan dari Sodexo untuk mendapatkan voucher yang dapat dipersonalisasi sebagai media promosi maupun reward pelanggan. Kini Sodexo hadir dengan beragam pilihan voucher yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email