Pentingnya Loyalitas dalam Bisnis: Bagaimana Loyalitas Bisa Meningkatkan Penjualan?

Apa itu loyalitas? Secara sederhana, loyalitas dapat dipahami sebagai kesetiaan. Dalam konteks bisnis, loyalitas sering dikaitkan dengan konsumen atau pelanggan. Loyalitas pelanggan dianggap sebagai faktor utama yang menentukan tingkat penjualan. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan hal tersebut sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Loyalitas akan menggerakkan konsumen atau pelanggan suatu produk untuk melakukan pembelian secara berulang. Untuk dapat mencapai loyalitas tersebut, perusahaan perlu melakukan beragam upaya dan bahkan memakan waktu, tenaga, dan tentunya biaya. Untuk lebih memahami tentang loyalitas dalam bisnis. Simak penjelasannya berikut.

Mengapa loyalitas penting dalam bisnis?

Ada banyak hal yang dapat Anda peroleh dengan loyalitas pelanggan. Hal yang paling mendasar sudah jelas, yakni Anda akan mendapatkan pembelian secara teratur dari pelanggan. Loyalitas akan membuat seorang pelanggan kembali lagi untuk membeli dan menggunakan produk dari perusahaan Anda.

Pelanggan yang loyal juga memiliki kecenderungan untuk melakukan pembelian antar lini produk usaha Anda. Maksudnya, mereka lebih terbuka untuk mencoba dan membeli berbagai macam produk keluaran perusahaan Anda karena telah memercayai kualitasnya.

Dengan kepercayaan seperti ini, maka kecenderungan bagi pelanggan loyal untuk merekomendasikan produk Anda pun semakin besar. Mereka bahkan bisa menjadi layaknya agen pemasaran Anda yang dapat mendatangkan pelanggan baru. Hal ini tentu akan membuat pembelian meningkat dengan efisien karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memasarkan produk terus-menerus.

Bagaimana menciptakan loyalitas pelanggan?

Lalu, bagaimanakah loyalitas pelanggan ini dapat terbentuk? Apa loyalitas pelanggan dapat terbentuk tiba-tiba? Tentu saja tidak. Untuk bisa mencapai loyalitas pelanggan, dibutuhkan waktu yang tidak pendek.

Loyalitas pelanggan terbentuk mengikuti tahapan-tahapan siklus pembelian. Tahap pertama adalah kesadaran terhadap produk. Di sini Anda harus bisa membuat calon pelanggan menyadari keberadaan produk. Caranya bisa melalui iklan atau media lain seperti promosi. Dari kesadaran inilah calon pelanggan kemudian melakukan pembelian pertama mereka.

Pembelian pertama atau awal merupakan tahap krusial untuk membentuk loyalitas pelanggan. Di tahap ini, pelanggan bisa melakukan penilaian terhadap produk Anda, entah itu kesan positif atau negatif. Kedua respon tersebut bisa menjadi semacam “umpan” untuk pembelian selanjutnya. Dengan catatan, Anda harus dapat menanganinya dengan baik.

Ini karena cara Anda menghadapi feedback dari pelanggan akan memengaruhi pertimbangan mereka untuk kembali membeli produk atau beralih pada brand lain. Anda dapat menanamkan gagasan bahwa beralih pada brand lain hanya akan membuang waktu. Jika mereka memberikan kesan negatif atau komplain terhadap produk, segera lakukan perbaikan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas

Agar Anda bisa segera mencapai loyalitas pelanggan, coba perhatikan lima faktor berikut:

  • Satisfaction atau kepuasan. Apa yang dimaksud dengan kepuasan di sini diukur dari jarak antara ekspektasi dengan realita yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk.

  • Emotional bonding atau ikatan emosi. Pelanggan dapat merasakan bahwa sebuah brand benar-benar mencerminkan kepribadian mereka. Dengan demikian, tercipta sebuah ikatan emosi antara brand dengan pelanggan atau bahkan dengan sesame pelanggan.

  • Trust atau kepercayaan. Rasa percaya pelanggan terhadap sebuah produk atau brand untuk menjalankan fungsi tertentu.

  • Choice reduction and habit atau kemudahan dan kebiasaan. Pelanggan akan merasa nyaman dengan sebuah produk jika mereka mendapatkan kemudahan dalam memperolehnya. Pelanggan pun akan terbiasa dengan rutinitas tersebut. Lama-kelamaan, rutinitas tersebut terakumulasi dan menjadi loyalitas.

  • History with company. Pengalaman dengan perusahaan. Pengalaman yang dirasakan oleh seorang pelanggan dengan perusahaan juga dapat membentuk loyalitas.

 

Anda juga dapat memulai membentuk loyalitas pelanggan mulai dari sekarang. Manfaatkanlah kemudahan dari Sodexo untuk mendapatkan voucher yang dapat dipersonalisasi sebagai media promosi maupun reward pelanggan. Kini Sodexo hadir dengan beragam pilihan voucher yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×