Bagaimana Cara Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat?

©pixabay

Lokasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan dari suatu bisnis. Bagaimana cara memilih lokasi usaha yang tepat?

Melalui artikel ini, Anda akan mendapatkan tips penting untuk memilih lokasi usaha yang tepat. Sebagai informasi tambahan, Anda juga dapat mengintip beberapa tips yang perlu dilakukan dalam membangun usaha dari nol.

5 Cara Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

Ada 5 hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih lokasi usaha yang tepat, yaitu:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam memilih lokasi usaha adalah memilih lokasi yang strategis. Anda bisa mencari suatu lokasi yang padat atau ramai seperti membuka toko di pinggiran jalan raya, area perkantoran, area kampus, hingga area sekolah.

2. Lokasi Mudah Dijangkau

Lokasi yang sulit dijangkau tentu akan membuat customer enggan datang ke tempat usaha Anda. Carilah lokasi dengan akses yang mudah dan dekat dengan jalan besar atau akses pendukung lainnya seperti jalan tol.

Baca Juga: 6 Dimensi Lingkungan Kerja yang Harus Diperhatikan

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Usaha

Anda ingin menjalankan usaha di bidang apa? Lalu, apa konsep dari usaha tersebut? Anda dapat menyesuaikan kebutuhan usaha dengan lokasi yang ingin dipilih.

Contohnya seperti ini, Anda ingin membuka restoran Sunda dengan konsep saung yang dikelilingi tanaman hijau atau bahkan danau. Anda tentu harus mencari lahan yang luas dan lokasi yang asri untuk menjalankan usaha tersebut.

4. Pilih Lokasi yang Dekat dengan Kompetitor

Apakah Anda sudah mempelajari segala informasi yang berhubungan dengan kompetitor? Di mana mereka menjalankan usahanya? Anda bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan kompetitor.

Sebagian orang pasti berpikiran bahwa untuk membangun usaha harus menghindari lokasi yang berdekatan dengan kompetitor. Namun, dari segi pemasaran, memilih lokasi yang dekat dengan kompetitor akan jauh lebih menguntungkan karena customer sudah memahami usaha apa yang Anda bangun. Akhirnya mereka pun penasaran untuk melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Memilih Lokasi Sesuai dengan Demografi Customer

Anda perlu menentukan segmentasi demografi customer yang akan dituju terlebih dahulu ketika akan membangun suatu usaha. Contohnya, Anda ingin menjalankan usaha fotocopy, berarti segmentasi demografi yang cocok adalah daerah perkantoran atau kampus karena ada banyak customer yang membutuhkan jasa tersebut.

Baca Juga: 5 Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Tepat

Tips Membangun Bisnis

Setelah mengetahui cara memilih lokasi usaha yang tepat, sekarang Anda dapat menyimak beberapa tips dalam membangun bisnis. Ada 3 tips yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Fokus Pada 1 Bisnis Terlebih Dahulu

Banyak pebisnis yang sering terkecoh dengan banyak peluang bisnis. Ketika ada suatu peluang bisnis yang sedang populer, mereka mengikuti tren bisnis tersebut dan akhirnya bisnis yang sedang dijalankan menjadi terbengkalai atau kurang diperhatikan.

Mengikuti perkembangan tren memang tidak salah, akan tetapi bagi Anda yang benar-benar baru memulai bisnis sendiri, ada baiknya untuk berfokus terlebih dahulu terhadap 1 bidang bisnis yang ingin dijalankan. Buatlah fondasi bisnis yang kokoh, baru setelahnya Anda dapat mencoba bisnis lain yang masih sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan.

2. Belajar dari Pebisnis yang Telah Sukses

Pebisnis yang sukses tentu memiliki banyak pengalaman yang dapat Anda pelajari. Gali informasi yang banyak dari para pebisnis tersebut dan praktikkanlah dalam bisnis Anda. Pelajari segala hal yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis.

Baca Juga: Pentingnya Pelanggan bagi Perusahaan

3. Mengadakan Kegiatan Promosi

Anda perlu mengadakan kegiatan promosi untuk menarik perhatian calon customer. Tanpa ada kegiatan promosi, bagaimana mereka dapat mengetahui dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan?

Ada banyak macam kegiatan promosi yang dapat Anda jalankan mulai dari social media marketing, email marketing, pemasangan iklan, hingga pemberian diskon atau hadiah kepada customer. Strategi promosi dengan memberikan hadiah kepada customer dapat memberikan hasil penjualan yang signifikan dan cara ini termasuk ke dalam strategi promosi bisnis dasar yang dilakukan oleh setiap pebisnis.

Anda dapat memberikan berbagai macam hadiah kepada customer untuk setiap pembelian produk atau jasa seperti uang tunai, merchandise, hingga voucher belanja.  Dari semua pilihan hadiah, voucher belanja paling diminati oleh sebagian besar customer karena mereka dapat menggunakan untuk membeli barang yang diinginkan.

Sodexo menyediakan voucher belanja Sodexo ePass bagi Anda yang membutuhkannya untuk melakukan kegiatan promosi. Sodexo ePass merupakan voucher belanja dalam bentuk elektronik yang dapat digunakan di lebih dari 380 merchant dan 21.000 outlet di seluruh Indonesia.

Siapa pun yang memiliki voucher belanja Sodexo dapat menggunakannya kapan pun dan di mana pun karena banyaknya merchant dan outlet yang bekerja sama dengan kami. Voucher belanja Sodexo juga tidak hanya bisa digunakan untuk membeli barang, namun juga untuk makan di berbagai restoran. Customer Anda tentu akan merasakan banyak keuntungan setelah melakukan transaksi pembelian.

Untuk melakukan pembelian Sodexo ePass, Anda dapat langsung mengunjungi website Sodexo sekarang juga. Ada juga pilihan produk lainnya yang mungkin sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email