Memahami Aspek Lingkungan Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan

Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Kinerja karyawan akan meningkat seiring dengan aspek lingkungan kerja. Aspek lingkungan kerja yang berpengaruh besar adalah kondisi lingkungan kerja yang dibagi menjadi dua yaitu lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non-fisik. Kedua kondisi lingkungan kerja ini saling berhubungan dan saling seimbang. Dengan aspek lingkungan kerja yang seimbang ini, pekerjaan akan semakin tertunjang dengan kondusifnya lingkungan kerja sehingga capaian pekerjaan jadi lebih optimal.

Dalam mengukur kinerja karyawan, dibutuhkan tiga hal berikut ini untuk dipertimbangkan yaitu kuantitas jumlah yang diselesaikan atau dicapai, kualitas dari pekerjaan yang dihasilkan, dan ketepatan waktu yang sesuai atau tidak dengan waktu yang direncanakan. Oleh karena itu, kondisi lingkungan kerja yang mempengaruhi kinerja karyawan terdapat beberapa aspek. Berikut adalah aspek lingkungan kerja yang mempengaruhi kinerja karyawan.

Lingkungan Kerja Fisik

Dalam aspek lingkungan kerja ini, beberapa hal yang mempengaruhi adalah penerangan, warna ruangan, sirkulasi udara, kebersihan, dan kenyamanan ruangan. Jika tempat kerja terdapat tempat untuk bersantai, berkumpul, dan bermain, kinerja karyawan akan semakin meningkat. Hal ini karena tempat kerja merupakan hal primer yang memberikan efek langsung bagi psikologis masing-masing anggota tim yang nantinya kinerja masing-masing individu akan meningkat.

Lingkungan Kerja Non-Fisik

Dalam aspek lingkungan kerja satu ini, hal yang paling mempengaruhi adalah budaya kerja di dalam perusahaan. Budaya kerja meliputi struktur tugas, desain pekerjaan, pola kerja sama dalam tim, leadership. Budaya kerja diukur dengan kebiasaan yang ada dalam perusahaan, karakter leader, dan struktur organisasi perusahaan.

Transparansi Sistem Penilaian Kinerja

Transparansi sistem penilaian kinerja juga mempengaruhi kinerja karyawan. Karyawan yang diberi tahu bagaimana perusahaan menilai kinerjanya akan bekerja dengan lebih baik dan optimal. Hal ini dikarenakan sistem penilaian kinerja berpengaruh terhadap kenaikan gaji. Sistem penilaian kinerja haruslah transparan dan akuntabel.

Pada awal masuknya individu pekerja, beri tahu bagaimana kinerja karyawan diukur, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan agar kenaikan gaji bisa memungkinkan untuk terjadi. Dengan menjelaskan hal ini di awal, karyawan akan lebih maksimal dalam bekerja sesuai dengan porsi yang harus dia selesaikan.

Jenjang Karir yang Menjanjikan

Semua karyawan pasti menginginkan posisi karir yang lebih bagus. Motivasi kerja merupakan hal yang menggerakkan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika di dalam perusahaan tidak terdapat jenjang karir yang menjanjikan untuk naik jabatan, maka karyawan akan kurang termotivasi untuk bekerja dengan optimal dan berpikir untuk pindah perusahaan.

Aspek lingkungan kerja yang baik dan sesuai akan berpengaruh baik dan sesuai juga terhadap kinerja karyawan. Jika aspek lingkungan kerja baik, maka karyawan bisa melakukan kegiatannya secara optimal, maksimal, dan nyaman. Kesesuaian aspek lingkungan kerja ini memberikan dampak positif ke karyawan dan membuat karyawan bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, kondisi kerja yang menyenangkan, baik dalam hal tempat kerja dan fasilitas kerja, akan sangat membantu dalam mempercepat penyelesaian pekerjaan. Dengan memenuhi aspek lingkungan kerja di atas, Anda bisa akan menyejahterakan karyawan perusahaan Anda.

Di luar itu, pemberian reward kepada karyawan pun juga bisa mempengaruhi kinerja karyawan. Jika Anda tertarik dengan program voucher yang bisa diberikan kepada karyawan, Sodexo bisa membantu Anda. Dengan barisan voucher menarik yang bisa dikondisikan dengan perusahaan Anda, seperti Sodexo Gift Pass, Sodexo ePass, Sodexo Reward Pass, Sodexo Food Pass, Sodexo Discount Pass, dan Sodexo Loyalty Program. Masing-masing memiliki benefit yang berbeda-beda juga.  Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat karyawan merasa dihargai selama bekerja di perusahaan Anda lewat pemberian voucher Sodexo.

Browser Anda sudah kadaluarsa!

Perbarui browser untuk melihat situs web ini dengan benar. Perbaharui browser saya sekarang

×