Mengembangkan Sistem Performance Appraisal yang Efektif

©pexels

Apa yang Dimaksud dengan Performance Appraisal?

Istilah performance appraisal mengacu pada tinjauan atau evaluasi rutin terkait kinerja dan kontribusi keseluruhan dari seorang karyawan untuk perusahaan. Perusahaan biasanya menggunakan performance appraisal untuk memberikan gambaran besar kepada karyawan mengenai apa saja yang sudah mereka kerjakan, data pertimbangan mengenai kenaikan gaji dan bonus, hingga keputusan pemberian PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). 

Baca Juga: Key Performance Indicator: Penjelasan dan Penerapannya

Manfaat Melakukan Performance Appraisal Bagi Perusahaan

Banyak yang mengatakan bahwa performance appraisal adalah investasi yang harus dilakukan perusahaan agar dapat memastikan karyawan dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya. Berikut ini adalah manfaat performance appraisal bagi perusahaan.

1. Promosi dan Perkembangan Karyawan

Performance appraisal dapat membantu atasan untuk membuat semacam program promosi bagi karyawan yang memang kinerjanya sudah sangat baik. Selain itu, karyawan yang kinerjanya kurang baik juga dapat diturunkan pangkatnya atau bahkan diberhentikan. Performance appraisal juga dapat digunakan untuk memantau kelemahan dan kekuatan karyawan, agar nantinya program perkembangan yang dilakukan dapat lebih efektif.

2. Menyusun Kompensasi

Performance appraisal dapat digunakan untuk membantu menyusun paket kompensasi untuk karyawan. Paket kompensasi karyawan seperti bonus, tingkatan gaji, tunjangan tambahan, serta kompensasi lainnya, dapat dinilai berdasarkan kinerja karyawan yang terdapat di dalam laporan performance appraisal.

3. Memotivasi Karyawan

Performance appraisal dapat berfungsi sebagai alat motivasi bagi karyawan. Melalui penilaian yang didapatkan secara rutin, karyawan akan mengetahui seberapa baik kinerja yang telah mereka lakukan dalam kurun waktu tertentu. Mereka akan lebih termotivasi untuk menjaga kinerjanya atau meningkatkan kinerjanya yang masih kurang.

4. Meningkatkan Komunikasi

Bagi sebuah perusahaan, komunikasi yang efektif antara karyawan dan atasan adalah hal yang sangat penting untuk dicapai. Melalui performance appraisal, atasan dapat memahami keterampilan karyawan dengan lebih mendalam. Karyawan juga dapat lebih memahami apa yang diharapkan dari atasan kepadanya. Hubungan antara kedua elemen dapat terjalin dengan lebih baik.

Bagaimana Cara Mengembangkan Sistem Performance Appraisal yang Efektif?

Performance appraisal yang efektif dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan karena mereka dapat belajar dari data-data yang diberikan perusahaan mengenai kinerja mereka. Berikut ini adalah beberapa metode performance appraisal yang efektif.

1. Management by Objective (MBO)

Management by Objective (MBO) adalah metode performance appraisal di mana manajer dan karyawan mengidentifikasi, merencanakan, mengatur, dan mengomunikasikan tujuan bersama-sama untuk difokuskan selama periode appraisal tertentu, baik itu tahunan, setengah tahunan, atau triwulan. Setelah menetapkan tujuan yang jelas, manajer dan karyawan harus mendiskusikan kemajuan yang dibuat secara berkala untuk memastikan tujuan yang ditetapkan sebelumnya dapat dicapai.

Baca Juga: Apa Itu Freelance dan Kelebihan serta Kekurangannya?

2. 360-Degree Feedback

360-degree feedback adalah metode performance appraisal multidimensi yang mengevaluasi karyawan menggunakan umpan balik yang dikumpulkan dari lingkaran pengaruh karyawan, seperti manajer, rekan kerja, konsumen, dan laporan. Metode ini tidak hanya akan menghilangkan bias dalam peninjauan kinerja, tetapi juga menawarkan pemahaman yang jelas tentang kompetensi karyawan.

3, Psychology Appraisal

Psychology appraisal adalah metode performance appraisal yang dapat digunakan untuk menemukan potensi tersembunyi dari karyawan. Metode ini ini digunakan untuk menganalisis tujuh komponen utama kinerja karyawan seperti keterampilan interpersonal, kemampuan kognitif, sifat intelektual, keterampilan kepemimpinan, sifat kepribadian, kecerdasan emosional, dan keterampilan terkait lainnya.

Biasanya, psychology appraisal akan dilakukan oleh psikolog yang memiliki kualifikasi. Nantinya, setiap karyawan akan diminta melakukan berbagai macam tes, seperti wawancara mendalam, diskusi, tes psikologi, dan lain sebagainya agar psikolog dapat menilai karyawan dengan lebih efektif.

4. Assessment Center Method

Assessment center method adalah metode performance appraisal yang memungkinkan karyawan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bagaimana orang lain melihat mereka dan dampaknya terhadap kinerja mereka. Keuntungan utama yang bisa didapatkan melalui metode ini adalah perusahaan dapat memprediksi kinerja karyawan pada masa depan. Hal ini berguna agar perusahaan dapat mengembangkan program pelatihan yang lebih efektif.

Selama proses penilaian, karyawan akan diminta untuk mengikuti berbagai macam kegiatan, seperti diskusi informal, bermain peran, latihan fact finding, latihan pengambilan keputusan, dan latihan lain yang dapat memastikan keberhasilan mereka ketika menjalankan sebuah peran. Namun, metode ini membutuhkan waktu yang relatif lama dan biaya yang sedikit lebih mahal.

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan

Dapat disimpulkan, appraisal adalah proses yang sangat penting dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk penilaian kinerja karyawan melalui performance appraisal. Untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan dapat mencoba memberikan hadiah kepada karyawan yang mendapatkan hasil bagus dalam performance appraisal.

Salah satu hadiah yang dapat diberikan perusahaan adalah Sodexo ePass, yang merupakan voucher belanja elektronik yang dapat digunakan di banyak situs belanja online dan gerai toko offline di Indonesia yang telah bergabung dalam jaringan merchant Sodexo. Sodexo ePass dapat digunakan di lebih dari 460 merchants dan 25.000 outlets di seluruh Indonesia. Yuk, dapatkan Sodexo ePass sekarang juga!

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email