Ketahui Apa Manfaat Kerja Sama Dalam Dunia Kerja

©pixabay


Di dalam dunia profesional atau dunia bisnis, kerja sama sangat diperlukan baik antara anggota tim, maupun antara satu tim dengan tim lainnya agar dapat menjalankan visi dan misi perusahaan. Lalu, apa manfaat kerja sama dalam dunia kerja?

Melalui artikel ini, Sodexo akan memberikan informasi seputar pentingnya kerja sama dalam dunia bisnis. Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Manfaat Kerja Sama?

Kerja sama di dalam dunia profesional memiliki berbagai manfaat. Berikut ini, setidaknya ada 3 manfaat utama dari terlaksananya kerja sama, yaitu:

1. Menciptakan Ide Kreatif

Manfaat pertama dari kerja sama di dalam dunia kerja adalah terciptanya ide kreatif. Bagaimana ide kreatif dapat tercipta hanya dari kerja sama?

Untuk mendapatkan sebuah ide kreatif, seseorang tidak dapat bekerja secara individual. Diperlukan berbagai perspektif dari banyak orang agar dapat terbentuk sebuah ide kreatif.

Sebagai contoh, Anda ingin bekerja sama dengan salah satu influencer untuk menerapkan strategi marketing secara online. Dengan adanya masukan dari pihak influencer yang tentu sudah memahami seluk beluk digital marketing, mereka dapat memberikan pandangan baru kepada Anda mengenai cara menyusun strategi yang tepat. Pada akhirnya, terbentuklah sebuah ide kreatif melalui insight yang didapatkan dari influencer tersebut.

2. Membuat Pekerjaan Menjadi Cepat Selesai

Dengan adanya kerja sama, tentu saja pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Meskipun ada yang mengatakan bahwa kerja secara individual atau sendiri-sendiri lebih baik, namun ketika Anda bekerja sama, pekerjaan akan menjadi cepat selesai dan bahkan bisa menjadi peluang untuk meningkatkan produksi agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Pemimpin dan Manajer di Dunia Kerja

 

3. Meningkatkan Keuntungan

Manfaat terakhir dari kerja sama sekaligus melanjutkan dari poin pembahasan sebelumnya adalah adanya peningkatan keuntungan. Anda dapat meningkatkan keuntungan baik dari segi kuantitas penjualan maupun nama brand.

Untuk lebih jelasnya, kami akan mencoba untuk memberikan ilustrasi di mana seorang pengusaha di bidang makanan berusaha untuk bekerja sama dengan pengusaha di bidang minuman. Mereka menghasilkan sebuah bentuk kolaborasi untuk menjual paket makanan dan minuman dari masing-masing brand.

Ketika terbentuknya sebuah kerja sama yang demikian, maka pengusaha makanan tersebut dapat menjangkau pasar dari pengusaha di bidang minuman dan begitu pula sebaliknya. Dengan adanya kesempatan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dari terjalinnya kerja sama, maka keuntungan Anda tentu dapat meningkat juga, bukan?

 

Baca Juga: 5 Manfaat Menjaga Kesehatan Lingkungan Kerja

 

Apa Saja Bentuk Kerja Sama dalam Dunia Bisnis?

Perlu Anda ketahui, ada berbagai macam bentuk kerja sama di dalam bisnis sesuai dengan fungsinya. Berikut ini, ada 3 macam bentuk kerja sama yang paling umum terjadi dalam dunia profesional, yaitu:

  1. Koalisi: Koalisi merupakan sebuah bentuk kerja sama antara dua organisasi atau lebih. Biasanya, perusahaan yang melakukan koalisi memiliki tujuan atau visi misi yang sama sehingga mereka memutuskan untuk bergabung demi mencapai tujuan tersebut.
  2. Joint Venture: Sebuah proyek yang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak disebut dengan joint venture. Seperti contoh, ketika ada sebuah proyek konstruksi rumah, maka ada berbagai pihak yang terlibat yaitu arsitek dan juga tukang bangunan.
  3. Bargaining: Bentuk kerja sama selanjutnya adalah bargaining atau proses tawar menawar. Bentuk kerja sama ini dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang telah membuat kesepakatan untuk saling menukarkan produk/jasa.

 

Jadi, itulah berbagai manfaat kerja sama yang perlu Anda ketahui serta apa saja bentuk kerja sama yang biasa terjadi dalam dunia bisnis. Jika Anda membutuhkan gift card yang akan dijadikan sebagai hadiah atau ucapan terima kasih untuk partner kerja sama di kemudian hari, silakan cek berbagai pilihan voucher belanja Sodexo seperti Sodexo Gift Pass dan Sodexo ePass melalui website kami sekarang juga.

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email