7 Cara Memotivasi Karyawan Di Perusahaan Anda

Ada berbagai cara memotivasi karyawan yang dapat diterapkan di perusahaan Anda. Perlu Anda ketahui, memotivasi karyawan sangatlah penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Karyawan Anda pastinya akan merasa jenuh sewaktu-waktu ketika mereka dihadapkan dengan banyaknya pekerjaan dan juga melakukan kegiatan yang berulang-ulang hampir setiap harinya selama 8 jam.

Oleh karena itu, melalui artikel ini Sodexo akan memberikan informasi kepada Anda mengenai cara memotivasi karyawan agar mereka dapat tetap semangat dan produktif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah perusahaan berikan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Efektif untuk Memotivasi Karyawan?

Bagaimana Cara Memotivasi Karyawan?

Berikut ini, ada 7 cara memotivasi karyawan yang bisa Anda terapkan dalam perusahaan, yaitu:

1. Mengapresiasi Kinerja Karyawan

Siapa pun ingin merasa dihargai termasuk karyawan. Sebagai pimpinan perusahaan, Anda perlu memberikan apresiasi agar karyawan merasa dihargai. Selain itu, dengan memberikan apresiasi, Anda secara tidak langsung menanamkan rasa sense-of-belonging karyawan terhadap perusahaan. Dengan demikian, karyawan akan merasa betah untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama.

2. Terbuka Terhadap Ide-ide dari Karyawan

Setiap ide dan masukan dari karyawan perlu Anda tampung. Hal ini dikarenakan karyawanlah yang lebih sering menangani permasalahan dengan klien secara langsung. Oleh karena itu, karyawan pasti memiliki berbagai macam ide yang bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan Anda berbekal dari pengalaman mereka saat berhadapan dengan klien.

Baca Juga: Apakah Employee Engagement Penting Bagi Perusahaan?

3. Menciptakan Suasana Kerja yang Nyaman dan Positif

Suasana kerja yang nyaman dan positif tentu akan memotivasi setiap karyawan yang bekerja di sana. Anda perlu memperhatikan apakah ruangan tempat mereka bekerja memiliki pencahayaan yang cukup, kondisi ruangan yang bersih, hingga sirkulasi udara yang baik. Selain itu, berikan juga kebebasan untuk karyawan agar dapat menambahkan dekorasi baik pada meja mereka masing-masing maupun keseluruhan ruangan tempat mereka bekerja.

Baca Juga: 7 Indikator Lingkungan Kerja yang Kondusif

4. Mendukung Karyawan untuk Dapat Mengembangkan Potensi dalam Diri

Perusahaan yang baik perlu mendukung karyawannya agar mereka dapat terus mengembangkan potensi dalam diri. Contohnya, karyawan Anda merupakan seorang visual designer yang mendesain kemasan produk perusahaan. Anda bisa mendukung potensi karyawan tersebut dengan membekalinya untuk mengikuti workshop atau training khusus bagi visual designer. Dengan berkembangnya potensi karyawan, maka kinerja yang dihasilkan untuk perusahaan tentunya juga akan semakin baik, bukan?

5. Mengadakan Rencana Outing atau Liburan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi seluruh karyawan sekaligus adalah dengan mengadakan rencana outing atau liburan. Dengan mengadakan kegiatan ini, Anda dapat memberikan kesempatan untuk karyawan agar mereka dapat berkomunikasi dan menjalin hubungan sosial antar satu sama lain, termasuk hubungan sosial dengan diri sendiri. Selain itu, tentu saja mereka dapat bersenang-senang dan melepas beban pekerjaan sejenak selama kegiatan berlangsung.

6. Menjadi Panutan yang Baik Bagi Karyawan

Setiap orang pasti memiliki role model yang mereka kagumi dan bahkan ingin menjadi seperti role model tersebut. Anda juga bisa menjadi role model untuk karyawan dengan menjadi panutan yang baik untuk mereka. Dengan demikian, ketika karyawan melihat Anda sebagai sosok pemimpin yang dapat dijadikan role model, mereka pastinya ingin terus bekerja di bawah naungan perusahaan serta mengikuti jejak pemimpinnya.

7. Memberikan Reward Kepada Karyawan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi karyawan adalah dengan memberikan reward. Ada berbagai macam reward yang dapat diberikan kepada karyawan seperti bonus, intensif, barang yang mereka butuhkan, atau voucher belanja Sodexo ePass. Dengan memberikan voucher belanja, Anda dapat membebaskan karyawan untuk memilih barang apa yang sedang mereka inginkan. Selain itu, karyawan Anda juga dapat menggunakan Sodexo ePass ini untuk berbelanja kebutuhan bulanan mereka.

Jadi, itulah 7 cara memotivasi karyawan di perusahaan yang dapat Anda lakukan. Jika Anda tertarik untuk memberikan reward kepada karyawan, Sodexo masih memiliki berbagai produk voucher belanja lainnya yang dapat digunakan melalui halaman produk kami. Hubungi Sodexo sekarang juga untuk informasi lebih lanjut atau jika Anda ingin melakukan pemesanan voucher belanja bagi karyawan.

 

Sumber gambar: pixabay.com

Rekomendasi Solusi Kami

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email