5 Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan

Sumber: www.pexels.com

Khawatir dengan produktivitas karyawan Anda? Karyawan yang produktif adalah kunci di balik kesuksesan setiap bisnis atau perusahaan. Memiliki karyawan yang bekerja keras dan produktif akan membuat pencapaian tujuan dan target Anda menjadi sangat mudah. Sebaliknya, tenaga kerja yang tidak produktif akan mempersulit perusahaan bisa mencapai apapun yang ditargetkan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan Anda. Berikut adalah 5 faktor dan cara memanfaatkannya agar karyawan bisa tetap produktif.

Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Di bawah ini adalah 5 faktor yang bisa menjadi perhatian Anda karena dapat mempengaruhi bagaimana produktivitas dari karyawan-karyawan Anda. Faktor-faktor tersebut adalah:

1. Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja karyawan bisa mempengaruhi suasana hati dan kinerja mereka secara keseluruhan. Sederhananya, berikan karyawan Anda lingkungan kerja yang mendukung, maka mereka bisa menjadi produktif.

Meskipun lingkungan kerja Anda sudah berhasil mencakup elemen struktural seperti pencahayaan, ventilasi, furniture, dan peralatan kantor, hal ini masih belum cukup. Bangun juga suasana kerja yang nyaman.

Jika suasana kerja Anda dibangun di atas prinsip kerja sama, persaingan yang sehat, dan empati, karyawan akan sangat termotivasi dan bersemangat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tempat kerja mereka adalah zona aman untuk mengekspresikan diri dan melakukan yang terbaik dari kemampuan yang dimiliki oleh tiap karyawan. Kunci untuk menciptakan lingkungan yang sehat adalah dengan mempromosikan nilai-nilai seperti transparansi, kerja sama, kerja tim, dan pencapaian.

Baca Juga : 5 Manfaat Menjaga Kesehatan Lingkungan Kerja di Perusahaan Anda

2. Proses

Proses bisa berdampak besar pada produktivitas organisasi. Menerapkan proses adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas tim. Proses bisa membantu untuk menentukan urutan atau langkah-langkah tertentu dalam melaksanakan sebuah tugas. Proses yang baik ditentukan setelah banyak melewati trial and error. Oleh karena itu, metode ini adalah metode tercepat dan paling handal untuk menyelesaikan tugas. Manfaatkan juga berbagai tools manajemen untuk bisa membantu karyawan menjadi lebih produktif.

3. Tujuan

Tujuan atau goals yang ditetapkan dengan jelas sangat bagus untuk meningkatkan tingkat produktivitas. Memberitahu karyawan Anda tentang tujuan mereka adalah cara yang bagus untuk menciptakan target dalam pikiran mereka. Ini adalah cara sempurna untuk menyalurkan dan mengarahkan energi yang dimiliki para karyawan untuk bisa menyelesaikan tugas-tugas produktif.

4. Kesehatan Karyawan

Kesehatan karyawan menjadi poin selanjutnya yang bisa mempengaruhi bagaimana kinerja dan produktivitas mereka. Kesehatan mental dan fisik karyawan menjadi hal yang terpenting. Karyawan yang sehat dan bahagia akan memiliki lebih banyak sumber daya fisik dan mental untuk diinvestasikan dalam pekerjaan mereka. Membantu mereka menjadi sangat fokus dan menghindari rasa untuk menunda. Meskipun karyawan yang sedang sakit atau mengalami stres mungkin dapat menyelesaikan pekerjaan mereka, tapi mereka harus bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya. Ini akan mempengaruhi kinerja dan berisiko membuat karyawan kelelahan.

5. Pelatihan

Pelatihan karyawan akan memainkan peran besar dalam seberapa siap mereka untuk melakukan pekerjaan mereka. Semakin siap mereka, kemungkinan besar mereka akan semakin produktif. Karyawan yang tidak terlatih, tidak akan tahu apa yang harus mereka lakukan atau bagaimana melakukan pekerjaannya. Mereka dapat mengerahkan semua upaya yang mereka inginkan, tetapi jika mereka tidak tahu ke mana harus mengarahkan upaya tersebut, pekerjaan akan menjadi tidak produktif.

Baca Juga : 5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas yang baik tentunya akan membawa pemasukan yang lebih lagi untuk bisnis dan perusahaan. Cara lainnya untuk bisa meningkatkan produktivitas mereka adalah dengan memberikan sebuah reward kepada karyawan agar mereka dapat bekerja dengan lebih maksimal. Sodexo Gift Pass dapat menjadi pilihan Anda untuk bisa mengapresiasi kinerja karyawan Anda. Kunjungi website Sodexo sekarang juga!

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email