5 Cara Menyelesaikan Masalah dalam Organisasi

Ada berbagai cara menyelesaikan masalah dalam organisasi yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pemimpin atau atasan. Cara tersebut tentu saja dimulai dari mencari sumbernya terlebih dahulu hingga mencari solusi terbaik yang dapat diterima oleh semua pihak.

Setiap organisasi pasti memiliki masalah dan Anda sebagai seorang pemimpin atau atasan wajib mencari jalan keluar dari permasalahan yang terjadi. Jika masalah dalam organisasi dibiarkan begitu saja, maka dampaknya akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan perusahaan Anda.

Maka dari itu, simak informasi di bawah ini mengenai berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah dalam organisasi. Dengan demikian, Anda dan karyawan dapat bergerak maju bersama dalam menjalankan visi dan misi perusahaan serta mencapai sebuah goal tertentu.

Bagaimana Cara Menyelesaikan Masalah dalam Organisasi?

Berikut ini, ada 5 cara menyelesaikan masalah dalam organisasi yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Mencari Akar Permasalahan

Cara pertama untuk menyelesaikan masalah di dalam organisasi adalah dengan mencari akar permasalahan terlebih dahulu. Anda perlu mengidentifikasi masalah apa yang terjadi agar dapat menemukan solusi yang paling tepat.

Apabila Anda melihat sebuah masalah hanya dari permukaan atau kulit luarnya saja, solusi yang ditetapkan nantinya tidak akan memberikan manfaat secara merata kepada seluruh karyawan. Bisa jadi, akan ada beberapa pihak yang merasa dirugikan karena solusi yang kurang tepat.

  1. Melakukan Diskusi 

Dalam menyelesaikan masalah di sebuah organisasi, Anda dapat melakukan diskusi untuk mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan. Dengan melakukan diskusi, Anda juga dapat lebih memahami apa yang dirasakan oleh masing-masing karyawan selama bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Forum diskusi juga bisa menjadi salah satu cara untuk menggali informasi penting seperti siapa saja karyawan yang mampu berpikir kritis atau dapat diandalkan. Selain itu, karyawan juga akan merasakan sense of belonging atau rasa kepemilikan terhadap perusahaan Anda sehingga mereka akan memberikan usaha yang maksimal dalam meningkatkan keuntungan bagi perusahaan.

  1. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Sebagai seorang pemimpin atau atasan, Anda juga perlu terbuka terhadap kritik dan saran yang disampaikan baik dari karyawan ataupun client. Kritik dan saran yang diberikan kepada Anda dapat membantu perusahaan untuk lebih berkembang serta menyelesaikan masalah di dalamnya.

  1. Menentukan Jalan Keluar Terbaik bagi Kesejahteraan Bersama

Ketika Anda mencari sebuah solusi atau jalan keluar atas permasalahan yang terjadi di dalam organisasi, pilihlah solusi terbaik dan tidak memberatkan pihak manapun. Dengan demikian, karyawan akan merasa nyaman untuk bekerja di perusahaan Anda dan bahkan tingkat kepercayaan mereka terhadap perusahaan akan meningkat.

  1. Melakukan Evaluasi

Setelah Anda menentukan sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam organisasi, lakukanlah evaluasi. Evaluasi sangat penting untuk menilai seberapa baik solusi yang telah ditetapkan oleh perusahaan untuk menyelesaikan masalah di dalam organisasi.

Anda dapat melakukan evaluasi secara rutin untuk meningkatkan kinerja dan motivasi karyawan dalam menyelesaikan seluruh tanggung jawab mereka terhadap perusahaan. Dengan demikian, perusahaan yang Anda bangun dapat terus maju dan berkembang.

 

Jadilah Pemimpin Hebat bagi Karyawan Anda

Sekian informasi yang dapat Sodexo berikan untuk Anda seputar 5 cara menyelesaikan masalah dalam organisasi. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan apresiasi kepada karyawan atas seluruh pencapaian dan kerja keras mereka dalam memajukan perusahaan Anda.

Anda bisa memberikan apresiasi dalam berbagai cara seperti memberikan pujian ataupun reward berupa bonus atau bahkan voucher belanja. Voucher belanja bisa menjadi pilihan reward terbaik bagi karyawan karena mereka dapat memilih sendiri hadiah yang diinginkan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memberikan voucher belanja kepada karyawan untuk meningkatkan motivasi kerja mereka, silakan hubungi Sodexo sekarang juga. Sodexo memiliki berbagai pilihan voucher belanja seperti Sodexo Gift Pass yang dapat digunakan di lebih dari 510 merchant dan 20.200 outlet di seluruh Indonesia!

 

 

Sumber gambar: pixabay.com

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

0815 1954 0325


Kirim email

Waktu operasional: Senin - Jumat (hari kerja),
pukul 08.30 - 17.30 WIB

021 5059 5016


Kirim email