5 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apakah Anda sering merasa waktu berlalu begitu cepat sedangkan masih banyak pekerjaan yang belum selesai? Hal ini bisa jadi disebabkan oleh tingkat produktivitas kerja yang tidak optimal. Akibatnya, Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan hasil pekerjaan pun tidak memuaskan.

Nah, jika Anda sedang mengalami situasi seperti itu, tak perlu khawatir. Cobalah menerapkan 5 cara meningkatkan produktivitas kerja berikut ini.

1. Lakukan Perencanaan Kerja

Perencanaan yang baik akan memudahkan Anda untuk menentukan langkah-langkah yang strategis untuk mencapai suatu tujuan. Dalam perencanaan, ada perkiraan waktu pengerjaan pekerjaan, metode terbaik yang seharusnya digunakan, modal yang dibutuhkan, dan target yang akan didapatkan.

Dengan mengikuti perencanaan yang telah disusun secara matang, Anda bisa mendapatkan hasil yang tidak jauh meleset. Langkah-langkah yang dilakukan biasanya tak terarah jika tidak memiliki perencanaan kerja. Akibatnya, hasil pekerjaan pun belum seoptimal yang diharapkan.

2. Fokus Pada Prioritas

Dalam perencanaan kerja, ada yang disebut dengan skala prioritas. Tiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhannya. Namun, prioritas biasanya ditentukan berdasarkan target yang paling penting dan paling urgen. Jadikan target-target yang masuk dalam kategori tersebut sebagai pekerjaan pertama yang harus dilakukan.

Ada banyak pekerjaan atau target yang sebenarnya bisa ditunda karena bisa dikerjakan pada saat lain atau ketika tidak mendesak. Anda dapat menempatkan jenis pekerjaan ini pada skala prioritas selanjutnya setelah target utama selesai. Di sini, Anda harus cermat untuk menentukan mana pekerjaan yang menjadi prioritas dan mana yang bukan.

3. Hindari Potensi Gangguan

Saat mengerjakan suatu pekerjaan, pasti ada saja gangguan yang mungkin terjadi. Gangguan bisa disebabkan oleh faktor eksternal, tetapi juga bisa berasal dari faktor internal. Faktor eksternal misalnya situasi yang tidak mendukung untuk bekerja secara optimal. Faktor internal misalnya keinginan untuk melakukan sesuatu di luar tanggung jawab Anda.

Anda harus bisa mengidentifikasi jenis gangguan ini agar bisa menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Jika berasal dari luar, Anda bisa menghindarinya dengan berbagai cara. Jika berasal dari dalam, Anda pun harus berlatih untuk tidak mengikutinya. Lakukan tindakan-tindakan preventif agar gangguan tersebut tidak menurunkan produktivitas kerja.

4. Mulai dengan Target Kecil

Sering kali, penyebab produktivitas kerja menurun adalah keinginan untuk mencapai target yang besar dalam waktu yang singkat. Kebanyakan orang, terutama yang belum expert, dapat kesulitan untuk melakukan hal ini. Akhirnya, proses pengerjaan pun mandek karena terjebak pada harapan untuk memperoleh pencapaian besar.

Untuk menghindari hal itu, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menetapkan target-target kecil. Ketika setiap target berhasil diselesaikan, Anda bisa memberikan reward sederhana kepada diri sendiri, misalnya beristirahat sebentar. Selanjutnya, selesaikan setiap target pada waktu yang telah ditentukan. Ini merupakan cara meningkatkan produktivitas kerja dengan mudah dan efektif.

5. Lakukan Evaluasi

Jangan lupa melakukan evaluasi setelah menyelesaikan suatu pekerjaan. Evaluasi berguna untuk mengetahui efektivitas strategi yang dilakukan, mengetahui masalah-masalah yang mungkin terjadi, dan membuat perencanaan yang lebih baik pada periode selanjutnya.

Pada masa evaluasi ini, Anda dapat mengubah strategi demi mendapatkan hasil yang lebih optimal. Pembaharuan strategi dibuat berdasarkan masukan-masukan dari pekerjaan yang pernah dilakukan sebelumnya. Strategi yang baru diharapkan akan semakin membuat produktivitas kerja melesat.

Jadi, inilah sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja agar hasilnya optimal. Mudah, bukan? Selamat mencoba!