Daftar Lengkap 4 Contoh Loyalitas Pelanggan yang Dapat Anda Tiru

Selain mendapatkan pelanggan, ternyata ada satu hal lagi yang sulit bagi pemilik usaha. Apa itu? Jawabannya adalah mempertahankan pelanggan. Pelanggan baru tidak akan berarti banyak jika Anda tidak bisa mempertahankan mereka untuk tetap membeli produk.

Di samping itu, pelanggan lama juga bisa menjadi marketing bagi usaha Anda. Sudah merupakan hal lumrah jika pelanggan akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain jika memang mereka puas dengan kualitas produk.

Namun kembali lagi, mempertahankan pelanggan bukanlah perkara mudah. Anda harus memiliki strategi khusus agar pelanggan tidak berpaling. Program loyalitas pelanggan adalah salah satu strategi untuk mempertahankan pelanggan lama. Berikut ini beberapa contoh loyalitas pelanggan yang dapat Anda tiru.

Memberikan Membership Card

Salah satu contoh loyalitas pelanggan yang paling sering dijumpai adalah membership card. Membership card atau kartu keanggotaan ini bukan hanya sekadar identitas yang menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pelanggan. Di balik itu, membership card juga hadir dengan beragam manfaat yang bisa dinikmati pemiliknya.

Misalnya, dengan membership card ini Anda berhak mendapatkan hadiah khusus saat hari ulang tahun tiba. Beberapa tempat bahkan menjadikan membership card sebagai sebuah voucher diskon seumur hidup bagi pemegang kartu. Artinya, mereka berhak atas potongan harga selama berbelanja menggunakan membership card.

Menghadiahkan Poin

Selain memberikan membership card contoh loyalitas pelanggan yang sering dijumpai adalah dengan menghadiahkan poin. Setelah melakukan pembelian, pelanggan berhak atas sejumlah poin yang bisa mereka kumpulkan. Nantinya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan hal-hal menarik seperti potongan harga, hadiah khusus, hingga special rewards.

Agar pelanggan terus berbelanja, biasanya poin memiliki masa kedaluwarsa sendiri. Artinya, poin akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi saat sudah memasuki tanggal tertentu. Aturan semacam ini akan membuat pelanggan terus berbelanja agar poin mereka bisa segera cukup dengan hadiah yang diinginkan.

Memberikan Penawaran Khusus

Ada banyak cara untuk mempertahankan pelanggan lama Anda. Salah satu yang paling disukai adalah dengan memberikan penawaran khusus. Seperti apa penawaran khusus yang bisa diberikan? Selain diskon dan poin, Anda bisa memberikan penawaran seperti kesempatan untuk liburan gratis atau bahkan free product saat ada produk yang baru diluncurkan.

Anda juga bisa memberikan bundling dengan produk lain. Misalnya, jika pelanggan melakukan pembelian senilai Rp1.000.000, mereka berhak atas potongan harga untuk menginap di Hotel A. Penawaran seperti ini akan selalu menarik bagi pelanggan karena bagi mereka hal tersebut jelas memberikan keuntungan.

Menghadiahkan Gift Voucher

Cara lain yang juga sering digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan menghadiahkan gift voucher. Gift voucher yang diberikan ini bisa berupa voucher untuk berbelanja di tempat Anda atau di tempat lain. Nominalnya pun bisa sangat bervariasi, menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika Anda tertarik untuk memberikan gift voucher bagi pelanggan, Sodexo bisa menjadi pilihan tepat. Sodexo hadir dengan beragam pilihan gift voucher yang bisa Anda kostumisasi seusai dengan kebutuhan perusahaan serta karakteristik pelanggan, termasuk dengan nominal yang akan diberikan. Salah satu produk unggulan Sodexo adalah Sodexo Loyalty Program, sebuah program reward kepada pelanggan yang bisa membuat mereka lebih loyal, royal, dan puas dengan bisnis Anda. Pelanggan bisa merasa lebih dihargai ketika berbelanja di tempat Anda.

Mempertahankan pelanggan lama jelas bukan suatu perkara mudah. Anda perlu memikirkan strategi masak-masak agar mereka tidak berpaling kepada produk lain. Keempat contoh loyalitas pelanggan yang telah disebutkan dalam artikel ini bisa Anda tiru,.Jangan ragu juga untuk  memodifikasinya sesuai dengan karakter bisnis Anda sendiri.